Monday, April 20, 2009

Never give up...



Kapan sidkom, kolokium, seminar ???
Udah mulai penelitian kah ???
Gimana kabar tesisnya ???

Yah…Itulah segelintir pertanyaan yang masih menggelayuti benak saya…
Sebuah pertanyaan yang lazim didengar tatkalah semester akhir menjelang…
Sidang komisi, kolokium, penelitian, seminar, de el el….merupakan salah satu fase yang harus dilalaui untuk mencapai kelulusan mahasiswa pascasarjana. Fase ini, bagi sebagian mahasiswa termasuk fase yang kritis, tapi ada juga yang beranggapan bahwa fase ini adalah fase yang menantang…

Tahapan untuk mencapai fase tersebut tidaklah semudah seperti membalikkan telapak tangan. Rintangan yang harus dialalui cukup terjal. Buktinya…proposal tesis yang saya ajukan harus berganti dengan beberapa judul. Pada awalnya, fokus penelitian akan ditujukan pada sintesis PLA dari gliserol hasil samping pembuatan biodiesel. Tapi, kepala kantor menyarankan fokus tesis pada stimulasi anti kanker pada minyak jarak pagar. Proposal tersebut pun sudah dibuat selengkap-lengkapnya mulai dari pendahuluan, metode sampai lampiran. Seiring dengan berjalannya waktu, karena pihak pemberi beasiswa adalah dari PT. Indocement Tbk, maka mau tidak mau, penelitian yang dilakukan harus sesuai dengan keinginan perusahaan tersebut. PT. Indocement menyarankan untuk penelitian mengenai pembuatan Cement Grinding Aids (CGA) dari glieserol hasil samping pembuatan biodiesel. Bahan ini nantinya dapat diaplikasikan sebagai bahan penghancur bahan baku semen (limestone). Penelitian ini tidaklah semudah dan semulus yang dibayangkan…ditengah perjalanan, terdapat beberapa kendala yang saya alami, mulai dari bahan baku sampai pada peralatan analisis. Mungkin itu adalah salah satu seni dalam melakukan penelitian.

Well….seberat apapun rintangan yang menghadang, semangat ini janganlah sampai redup. Teruslah berjuang….Never, Never, and Never give up…Harapan itu masih ada.
Hanya dengan sabar dan sholatlah yang patut dijadikan penenang jiwa….

Hasbunallah wani’mal wakiil..ni’mal maula wani’mannashiir…

No comments: