Monday, November 5, 2007

What a nice class it is!!!

Cerah pagi mengawali hari, mengantarakan diri ini lebih bersemangat tuk menjalani hidup. Seperti biasa, rabu pagi diri ini harus bergegas menuju kampus hijau di darmaga. Sebuah rutinitas yang tak pernah lelah, ‘cos I must be able to enjoy it!!walaupun perjalanan yang ditempuh membutuhkan waktu 1 jam. Dan, tuk menuju ruangan kelas, kami harus menapaki tangga sampai lantai 5 fapet (Hfff...keringat pagi mengiringi diri yang akan memasuki ruangan kelas...). Ah...itu tak seberapa jika dibandingkan dengan keletihan dosen senior yang semakin hari, kadar kalsium dalam tulangnya semakin menurun.

Tapi, disini, tidak kalah serunya dengan sewaktu kuliah dibangku sarjana, walaupun pelajarannya semakin rumit. Yang menjadikan kelas ini seru dan hidup adalah seorang dosen dari Sudan (Bang Khidr_red). Selalu ada saja kata-kata yang membuat temen-temen di kelas ini menggelitik. Maklumlah, dia baru belajar bahasa Indonesia cuman 5 bulan. Beliau pernah mengirim sms ke temen sekelas: “Teman-teman, tgl 11 Nov Ibu Tun Tedja “mengandung” kita tuk datang halal bi halal di rumahnya”(Khidr). Sms tersebut kemudian dibacakan di ruang kelas. Dan, kelas itu semakin riuh. Hah???apa??? Bu Tun mengandung kita???. “Mengundang kale!!!”celetuk salah seorang teman. Setelah diceritakan ke Khidr bahwa “mengandung” = Hamil, maka khidr pun tertawa.

Salah seorang temen ada yang iseng melihat profile dan address book di Hpnya. Masak nama saya (Obie) di tulis Ubi. Temen2 pun kembali tertawa. “Ubi” in English is “sweet Potato”, do U know?? (salah seorang teman nyeletuk). Ohh.....saya minta maaf pa Obie (Khidr dengan fasihnya berbahasa Indonesia). Saya tidak tau (celetuk khidr). Selain itu, “Mamay” dipanggil “Mami”. Sampe2 temen saya bilang “emang dia mamamu!!!” Hmm...kelas ini pun kembali hangat. Yang tadinya, kepala pada panas karena banyak rantai karbon dan rumus2 kimia menjadi dingin kembali.

Yang saya kagumi dari beliau adalah ketekadannya tuk mencari Ilmu. Masya Allah, hanya dengan waktu 5 bulan belajar bahasa Indonesia, dia sudah lumayan fasih walaupun ada sedikit kata2 yang masih keliru. Bagaimana dengan kita???(terutama saya pribadi) belajar bahasa Inggris dari SMP sampe sekarang tapi belum fasih2. Coba bayangkan :-?, kita udah belajar bahasa Inggris selama 12 tahun bahkan ada yang lebih!!tapi, kalo ngomong bahasa Inggris masih grogi. Apalagi kalo bahasa arab, wauw....tambah lieur. Ada fiil madi, mudhori’, dan amar. Belum lagi ada masdar-masdar yang lain. Wuwwww......tambah...dezink!!!. Thanks bang Khidr yang telah memberikan inspirasi bahwa “Dengan tekad yang kuat dan pasrahkan diri kapada Allah, insya Allah kita akan bisa!!!”.

No comments: